Rabu, 11 Mei 2011

DPP IMA Madina Minta PT. SMGP Di Tinjau Kembali

Pembangunan pembangkit tenaga geothermal di Kabupaten Mandailing Natal diperkirakan nantinya akan mempengaruhi kestabilan tanah di beberapa daerah. Hal ini terjadi ketika air diinjeksikan ke lapisan batuan kering ketika di sana tidak ada air sebelumnya. Uap kering dan uap dalam skala kecil juga membebaskan dalam level rendah gas karbon dioksida,nitrit oksida, sulfur.Meskipun lapisan geothermal dapat menghasilkan panas dalam beberapa dekade akan tetapi secara spesifik beberapa lokasi akan mengalami pendinginan karena pembangunan sumber yang terlalu luas sementara hanya sedikit energi yang tersedia.
Timbulnya keresahan masyarakat, terjadinya gangguan kamtibmas, menurunnya kesehatan masyarakat dan kekhawatiran menjalani kehidupan di bawah bayang-bayang ancaman bencana longsor, gas beracun, amblasan, kekeringan, kebakaran dan serba ketidakpastian tanpa akhir akan menambah penderitaan Masyarakat Mandailing Natal nantinya.
Setelah kami pelajari bukan hanya itu penderitaan yang dialami rakyat Kabupaten Mandailing Natal. Hutan perlahan gundul. Menanam sayuran kerap tidak aman karena pada musim hujan daerah pebukitan rawan longsor. Sebelumnya tidak begitu.
Sikap optimisme bahwa energi panas bumi bisa menjadi pemain utama perubahan signifikan karena dorongannya terhadap berbagai proses dalam industri, pertanian, kesehatan, dan lain-lain dianggap mestinya diterima sebagai titipan (amanah) untuk kemaslahatan generasi mendatang di Kabupaten Mandailing Natal, Jika dikelola sesuai dengan prosedur.
Dalam tahap pengelolaan proyek Geothermal di Mandailing Natal kami menduga kerap terjadi tiga  kejahatan sekaligus (kejahatan kemanusiaan, kejahatan keuangan dan kejahatan lingkungan). Fakta ini tidak mengesampingkan apakah policy pengelolaan ada di tangan orang lokal ataupun multinational corporations.
Akan tetapi DPP IMA – MADINA sampai saat ini menganggap PT. SMGP (Sorik Marapi Geothermal Power) masih belum sanggup memberi penjelasan tuntas kepada seluruh masyarakat Mandailing Natal tentang resiko lingkungan sebagai dampak yang mengiringi eksploitasi energi panas bumi. (DPP IMA Madina _Pers Riliss)

http://apakabarsidimpuan.com

1 komentar: